Komunikasi dengan Tim Kesehatan Lain



A.  Konsep Umum Komunikasi
1.        Definisi Komunikasi
       Komunikasi adalah proses interpersonal yang melibatkan perubahan verbal dan nonverbal dari informasi dan ide. Sedangkan komunikasi terapeutik adalah proses dimana perawat yang menggunakan pendekatan terencana mempelajari klien. proses memfokuskan pada klien namun direncanakan dan dipimpin oleh seorang profesional. (Potter & Perry, 2009).Stuart,G.W., & Laraia, 2005 mengatakan bahwa dalam hubungan komunikasi terapeutik perawat dan klien menjadi penting dalam mengeksplorasi kebutuhan klien.

2.        Komunikasi dalam kelompok     
      Kozier.,et all (2010) menyampaikan bahwa kelompok adalah dua atau lebih individu yang berbagi kebutuhan dan tujuan berama, melibatkan satu sama lain ke dalam tindakan yang mereka lakukan, dan akhirnya bersatu padu serta memisahkan diri dari pihak lain demi kebaikan interaksi yang mereka lakukan. Kelompok hadir untuk membantu manusia mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai dengan kemampuan individu.

a. Dinamika kelompok
       Komunikasi yang berlangsung antar anggota kelompok dikenal dengan dinamika kelompok. Tata cara komunikasi ini akan ditentukan oleh sejumlah variabel dan faktor yang saling terkait. Setiap anggota kelompok akan memberikan pengaruh pada dinamika kelompok, didasarkan pada motivasi mereka dalam berpartisipasi, kesamaan mereka dengan anggota kelompok yang lain, kedewasaan anggota kelompok dalam mengespresikan perasaan mereka dan tujuan kelompok tersebut.

b. Tipe kelompok layanan kesehatan
       Sebagian besar kehidupan perawat dihabiskan dibanyak ragam kelompok, dari dua hingga organisasi profesional yang besar. Sebagai partisipan kelompok, perawat mungkin diharuskan menjalani peran yang berbeda baik menjadi anggota atau pemimpin, pemberi saran atau penerima saran sesuai dengan kapasitasnya. Tipe kelompok layanan kesehatan yang umum meliputi kelompok kerja, kelompok penyuluhan, kelompok swabantu, kelompok terapi, dan kelompok pendukung sosial terkait kerja. Kerja profesional dalam kelompok bergantung pada gaya kepemimpinan, tanggung jawab anggota, tanggung jawab kepemimpinan, dan identifikasi tugas dalam fase grup berbeda.


TABEL 1.1 Perbandingan kelompok yang efektif dan tidak efektif.(Kozier,.et all.,2010).
Faktor
Kelompok efektif
Kelompok tidak efektif
Suasana


Tujuan






Kepemimpinan dan partisipasi anggota




Komunikasi





Pengambilan keputusan               



Kohesi




Pemecahan masalah



Kreativitas
Nyaman dan rileks, suasana kerja tempat orang mendemonstrasikan peran serta mereka

Tujuan, tugas, dan hasil lebih mudah dipahami, dimengerti, dan dimodifikasi agar anggota kelompok dapat berkomitmen terhadap tujuan melalui kerjasama.

Kepemimpinan demokratis. Pergantian kepemimpinan dilakukan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.


Terbuka, ide-ide dan pemikiran pendapat dukungan




Dilakukan oleh kelompok meskipun berbagai prosedur berdasarkan situasi yang ada.


Difasilitasi melalui penghargaan terhadap anggota kelompok yang lain, ekspresi perasaan yang terbuka, percaya dan dukungan

Tinggi: kritik yang mebangun sering dilontarkan. Jujur, relatif nyaman, dan diorientasikan untuk pemecahan masalah.

Mendapatkan dukungan
Tegang, kurangnya privasi dan komitmen sukarela terhadap kelompok.

Tujuan tidak jelas, disalah mengerti dan dipaksakan



Otoriter : pemimpin mendominasi kelompok atau anggota terlalu tunduk. Partisipasi anggota tidak seimbang, didominasi oleh beberapa orang

Tertutup: hanya upaya untuk menhasilkan ide yang mendapatkan dukungan. Perasaan diabaikan. Anggota dapat memiliki tujuan yang bertolakbelakang dengan tujuan kelompok

Dilakukan oleh otoritas tertinggi dalam kelompok dengan keterlibatan yang minimal dari anggota kelompok yang lain.

Pemimpin mengklaim berjasa dalam pencapaian, komentar bersifat kritis da berfokus pada karakteristik personal.

Rendah: kritik tidak membangun, muncul dalam bentuk serangn pribadi yang terang terangan atau tersembunyi.

Tidak memperoleh dukungan






B.       Komunikasi dengan Tim kesehatan lain
      Perawat menjalankan peran yang membutuhkan interaksi dengan berbagai anggota tim pelayanan kesehatan. Unsur yang membentuk hubungan perawat klien juga dapat diterapkan dalam hubungan sejawat, yang berfokus pada pembentukan lingkungan kerja yang sehat dan mencapai tujuan tatanan klinis. Komunikasi ini berfokus pada pembentukan tim, fasilitasi proses kelompok, kolaborasi, konsultasi, delegasi, supervisi, kepemimpinan, dan manajemen. Dibutuhkan banyak keterampilan komunikasi, termasuk berbicara dalam presentasi, persuasi, pemecahan masalah kelompok, pemberian tinjauan performa, dan penulisan laporan. Didalam lingkungan kerja, perawat dan tim kesehatan membutuhkan interaksi sosial dan terapeutik untuk membangun kepercayaan dan meperkuat hubungan. Semua orang memilki kebutuhan interpribadi akan penerimaan, keterlibatan, identitas, privasi, kekuatan dan kontrol, serta perhatian. Perawat membutuhkan persahabatan, dukungan, bimbingan, dan dorongan dari pihak lain untuk mengatasi tekanan akibat stress pekerjaan dan harus dapat menerapkan komunikasi yang baik dengan klien, sejawat dan rekan kerja. (Potter & Perry, 2009).

         Agar efektif sebagai profesional keperawatan, itu tidak cukup untuk sangat berkomitmen untuk klien. Pada akhirnya, iklim perusahaan tempat kerja akan memiliki efek pada hubungan yang terjadi antara perawat dan klien pribadi. Kegagalan dalam komunikasi antara penyedia layanan kesehatan adalah salah satu faktor yang paling umum. Komitmen untuk kolaborasi dalam hubungan kerja dengan para profesional lain membantu mempertahankan kualitas tinggi dari perawatan klien. Keberhasilan kelompok bergantung pada hubungan baik diantara  tim, terutama pemimpin tim dengan anggota tim yang lain.  Untuk mendorong terjadinya komunikasi, pemimpin tim harus selalu mengamati prinsip komunikasi menurut WHO, 1999 :
·    Seluruh anggota tim harus bebas mengemukakan dan menjelaskan pandangan mereka dan harus didorong untuk bertindak seperti itu.
·     Sebuah pesan atau komunikasi, baik lisan maupun tertulis harus dinyatakan dengan jelas dan dalam bahasa atau ungkapan yang dapat dimengerti
·      Komunikasi mempunyai 2 unsur yaitu mengirim dan menerima, bila pesan yang dikirim tidak diterima komunikasi tidak berjalan. Dengan demikian pemimpin tim harus selalu meggunakan suatu cara untuk memeriksa apakah efek yang diharapkan terjadi.
·    Perselisihan atau pertentangan adalah normal dalam hubungan antar manusia, hal ini sudah diatur sedemikian sehingga dapat mencapai hasil yang konstruktif.

              Pengaturan ruangan untuk membantu komunikasi cobalah dengan mengatur ruangan, kantor kelas dan ruangan kelompok, pendidikan lainnya sehingga komunikasi dapat berjalan dengan efektif.  Diagram dibawah menunjukkan pengaturan komunikasi dengan 1 pemimpin dan 4 anggota. (WHO, 1999. )


Selalu ingat bahwa :
·                 Dalam satu kelompok yang terdiri dari tidak lebih enam atau tujuh orang, semua orang dapat ikut serta dalam diskusi. Dengan demikian, sebuah kelompok besar lebih baik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil.
·             Meja dapat dihalangi komunikasi karena permukaan atau bentuknya, atau cara benda tersebut ditempatkan. Bila tidak diperlukan maka disingkirkan. Hindarkan meja berbentuk huruf U
      Pengaturan tempat duduk harus mencerminkan tujuan atau maksud pertemuan atau kelompok. Gunakan pengaturan tersebut untuk mempermudah komunikasi, bila hal ini penting untuk maksud dan tujuan tersebut. Sesuaikan pengaturan tempat duduk ini dengan tujuan, bukan tujuan menyesuaikan dengan pengaturan tempat duduk.


1.        KONSEP UMUM
1.    Delegasi
           Delegasi adalah pemindahan tanggungjawab untuk melakukan kegiatan atau tugas dan memegang akuntabilitas terhadap hasil. Delegasi bermanfaat untuk memperbaiki efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan mengembangkan staf lainnya. Sebagai seorang perawat, harus bertanggungjawab terhadap penyelengaraan perawatan klien dan akan mendelegasikan kegiatan perawat kepada asisten. Karena langkah dari proses keperawatan memerlukan perawat untuk pengambilan keputusan, maka tahap ini tidak akan anda deegasikan kepada asisten atau tenaga kesehatan lain. Untuk mendukung lingkungan profesional yang baik, setiap anggota tim kerja keperawatan bertanggungjawab untuk melaksanakan komunikasi profesional yang bersifat terbuka. Jika dilakukan dengan benar, delegasi dapat memperbaiki efisiensi kerja, produktivitas, dan peningkatan kerja. Lima syarat dalam pendelegasian antar tim kesehatan : Tugas yang tepat, kondisi yang tepat, orang yang tepat, komunikasi/petunjuk yang tepat, supervisi yang tepat.( Potter & Perry, 2009).



1.    Konflik dalam berkomunikasi
          Tujuan utama dalam menangani konflik di tempat kerja adalah untuk menemukan kualitas tinggi dan solusi yang dapat diterima bersama. Dalam banyak contoh, berbagai jenis hubungan dapat berkembang melalui penggunaan teknik komunikasi manajemen konflik. Pada situasi klinis sebagai suatu proses kerja sama untuk mencapai tujuan bersama dengan mengikuti langkah :
·           Memperoleh data faktual : Mendapatkan semua informasi yang relevan tentang isu-isu spesifik yang terlibat dan sekitar respon perilaku klien untuk masalah perawatan kesehatan.
·           Pertimbangkan sudut pandang lain: Memiliki beberapa ide tentang apa masalah mungkin relevan dari sudut pandang orang lain, memberikan informasi penting tentang pendekatan interpersonal yang terbaik untuk digunakan.
·           Intervensi awal : Buat forum untuk komunikasi dua arah , sebaiknya bertemu secara berkala dengan tim kesehatan lain mencakup permasalahan klien.

2.         Komunikasi antara  perawat-dokter
        Hubungan perawat-dokter adalah satu bentuk hubungan interaksi yang telah cukup lama dikenal ketika memberikan bantuan kepada pasien. Perawat bekerja sama dangan dokter dalam berbagai bentuk. Perawat mungkin bekerja di lingkungan di mana kebanyakan asuhan keperawatan bergantung pada instruksi medis. Perawat diruang perawatan intensif dapat mengikuti standar prosedur yang telah ditetapkan yang mengizinkan perawat bertindak lebih mandiri. 
        Perawat dapat bekerja dalam bentuk kolaborasi dengan dokter.Contoh : Ketika perawat menyiapkan pasien yang baru saja didiagnosa diabetes pulang kerumah, perawat dan dokter bersama-sama mengajarkan klien dan keluarga begaimana perawatan diabetes di rumah.Selain itu komunikasi antara perawat dengan dokter dapat terbentuk saat visit dokter terhadap pasien, disitu peran perawat adalah memberikan data pasien meliputi TTV, anamnesa, serta keluhan-keluhan dari pasien,dan data penunjang seperti hasil laboraturium sehingga dokter dapat mendiagnosa secara pasti mengenai penyakit pasien.Pada saat perawat berkomunikasi dengan dokter pastilah menggunakan istilah-istilah medis, disinilah perawat dituntut untuk belajar istilah-istilah medis sehingga tidak terjadi kebingungan saat berkomunikasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik serta mencapai tujuan yang diinginkan.

        Komunikasi antara perawat dengan dokter dapat berjalan dengan baik apabila dari kedua pihak dapat saling berkolaborasi dan bukan hanya menjalankan tugas secara individu, perawat dan dokter sendiri adalah kesatuan tenaga medis yang tidak bisa dipisahkan. Dokter membutuhkan bantuan perawat dalam memberikan data-data asuhan keperawatan, dan perawat sendiri membutuhkan bantuan dokter untuk mendiagnosa secara pasti penyakit pasien serta memberikan penanganan lebih lanjut kepada pasien. Semua itu dapat terwujud dwngan baik berawal dari komunikasi yang baik pula antara perawat dengan dokter.

Tips untuk permintaan kejelasan kepada dokter:
1.   Mengidentifikasi semua nama (Sebutkan nama dokter, sebutkan nama dan posisi, mengidentifikasi         klien dan diagnosis klien atau orang-orang lain yang terlibat dalam masalah dengan nama. 
2.   Meringkas masalah (data faktual singkat tentang masalah), 
3.   Menyatakan tujuan , 
4.   Menyarankan solusi pemecahan masalah yang relevan sesuai dengan praktek klinik, 
5. Menulis kesimpulan (menjelaskan siapa yang akan bertanggung jawab untuk pelaksanaan, mengklarifikasi informasi terutama jika ini percakapan telepon, menentukan kerangka waktu pelaksanaan). (Arnold & Boogs, 2007).

3.    Komunikasi antara Perawat dengan Perawat
    Dalam memberikan pelayanan keperawatan pada klien komunikasi antar tenaga kesehatan terutama sesama perawat sangatlah penting. Kesinambungan informasi tentang klien dan rencana tindakan yang telah, sedang dan akan dilakukan perawat dapat tersampaikan apabila hubungan atau komunikasi antar perawat berjalan dengan baik.Hubungan perawat dengan perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dapat diklasifikasikan menjadi hubungan profesional, hubungan struktural dan hubungan intrapersonal.
       Hubungan profesional antara perawat dengan perawat merupakan hubungan yang terjadi karena adanya hubungan kerja dan tanggung jawab yang sama dalam memberikan pelayanan keperawatan.Hubungan sturktural merupakan hubungan yang terjadi berdasarkan jabatan atau struktur masing- masing perawat dalam menjalankan tugas berdasarkan wewenang dan tanggungjawabnya dalam memberikan pelayanan keperawatan.
       Laporan perawat pelaksana tentang kondisi klien kepada perawat primer, laporan perawat primer atau ketua tim kepada kepala ruang tentang perkembangan kondisi klien, dan supervisi yang dilakukan kepala ruang kepada perawat pelaksana merupakan contoh hubungan struktural.Hubungan interpersonal perawat dengan perawat merupakan hubungan yang lazim dan terjadi secara alamiah. Umumnya, isi komunikasi dalam hubungan ini adalah hal- hal yang tidak terkait dengan pekerjaan dan tidak membawa pengaruh dalam pelaksanaan tugas dan wewenangnya.

4.         Komunikasi antara perawat dengan Ahli terapi.
    Ahli terapi respiratorik ditugaskan untuk memberikan pengobatan yang dirancang untuk peningkatan fungsi ventilasi atau oksigenasi klien.Perawat bekerja dengan pemberi terapi respiratorik dalam bentuk kolaborasi. Asuhan dimulai oleh ahli terapi (fisioterapis) lalu dilanjutrkan dengan dievaluasi oleh perawat. Perawat dan fisioterapis menilai kemajuan klien secara bersama-sama dan mengembangkan tujuan dan rencana pulang yang melibatkan klien dan keluarga. Selain itu, perawat merujuk klien ke fisioterapis untuk perawatan lebih jauh. Contoh : Perawat merawat seseorang yang mengalamai penyakit paru berat dan merujuk klien tersebut pada ahli terapis respiratorik untuk belajar latihan untuk menguatkaan otot-otot lengan atas, untuk belajar bagaimana menghemat energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dan belajar teknik untuk mempertahankan bersihan jalan nafas.


5.         Komunikasi antara Perawat dengan Ahli Farmasi
             Seorang ahli farmasi adalah seorang profesional yang mendapat izin untuk merumuskan dan mendistribusikan obat-obatan. Ahli farmasi dapat bekerja hanya di ruang farmasi atau mungkin juga terlibat dalam konferensi perawatan klien atau dalam pengembangan sistem pemberian obat. Perawat memiliki peran yang utama dalam meningkatkan dan mempertahankan dengan mendorong klien untuk proaktif jika membutuhkan pengobatan. Dengan demikian, perawat membantu klien membangun pengertian yang benar dan jelas tentang pengobatan, mengkonsultasikan setiap obat yang dipesankan, dan turut bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan tentang pengobatan bersama tenaga kesehatan lainnya. Perawat harus selalu mengetahui kerja, efek yang dituju, dosis yang tepat dan efek smaping dari semua obat-obatan yang diberikan. Bila informasi ini tidak tersedia dalam buku referensi standar seperti buku-teks atau formula rumah sakit, maka perawat harus berkonsultasi pada ahli farmasi.
                 Saat komunikasi terjadi maka ahli farmasi memberikan informasi tentang obat-obatan mana yang sesuai dan dapat dicampur atau yang dapat diberikan secara bersamaan. Kesalahan pemberian dosis obat dapat dihindari bila baik perawat dan apoteker sama-sama mengetahui dosis yang diberikan. Perawat dapat melakukan pengecekkan ulang dengan tim medis bila terdapat keraguan dengan kesesuaian dosis obat. Selain itu, ahli farmasi dapat menyampaikan pada perawat tentang obat yang dijual bebas yang bila dicampur dengan obat-obatan yang diresepkan dapat berinteraksi merugikan, sehingga informasinini dapat dimasukkan dalam rencana persiapan pulang. Seorang ahli farmasi adalah seorang profesional yang mendapat izin untuk merumuskan dan mendistribusikan obat-obatan. Ahli farmasi dapat bekerja hanya di ruang farmasi atau mungkin juga terlibat dalam konferensi perawatan klien atau dalam pengembangan sistem pemberian obat.

6.         Komunikasi antara Perawat dengan Ahli Gizi.
       Kesehatan dan gizi merupakan faktor penting karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM). Pelayanan gizi di RS merupakan hak setiap orang dan memerlukan pedoman agar tercapai pelayanan yang bermutu.
      Agar pemenuhan gizi pasien dapat sesuai dengan yang diharapkan maka perawat harus mengkonsultasikan kepada ahli gizi tentang – obatan yang digunakan pasien, jika perawat tidak mengkonunikasikannya maka dapat terjadi pemilihan makanan oleh ahli gizi yang bisa saja menghambat absorbsi dari obat tersebut. Jadi diperlukanlah komunikasi dua arah yang baik antara kedua belah pihak.

7.         Komunikasi terkait kasus pemicu
       Fokus dalam segmen model komunikasi kesehatan dapat melukiskan hubungan interpersonal dalam tim kesehatan. Northouse (1998) mengungkapkan ada 3 area permasalahan yang dimiliki dalam hubungan interprofesional yaitu:
1) Stres Peranan (Role Stress)
2) Rendahnya pemahaman interpersonal (lack of interpersonal understanding)
3) Otonomi yang keras (autonomy struggle)

       Bertemu dengan orang sakit setiap hari merupakan tugas yang tidak mudah. Pekerjaan profesional kesehatan secara konstan menempatkan mereka dalam kontak dengan pasien yang sedang bergelut dengan kondisi kritis dalam hidupnya dan mereka sedang mencoba mengatasi emosi atau penyakit yang serius. Sumber masalah role stress yang dialami para professional kesehatan berhubungan dengan penyelesaian peran professional itu sendiri. Jenis role stress dibagi dua jenis yaitu role conflict dan role overload. Kasus role conflict dapat ditunjukan salah satunya dengan reality shock.

       Kramer (1974) dalam teorinya tentang Reality Shock menjelaskan bahwa stress dapat disebabkan oleh adanya kesenjangan atau perbedaan antara lingkungan pendidikan dengan pelayanan. Hal itu biasanya dialami oleh lulusan perawat baru. Perawat Yanti sebagai perawat baru yang bekerja di sebuah Rumah Sakit merasakan bahwa pendidikan yang ia tempuh selama ini ternyata belum cukup untuk mempersiapkan dirinya dalam lingkungan kerja. Perawat Yanti akhirnya mengalami reality shock yang menyebabkan terhambatnya komunikasi terapeutik antara perawat dan klien. Karena baru pertama masuk dunia kerja, perawat Yanti juga merasakan kesulitan berkomunikasi dengan tim kesehatan lain, apalagi untuk berbicara di depan suatu forum tim kesehatan. Hubungan interpersonal antara perawat dan profesi lain pun harus terpelihara dengan baik. Hubungan tersebut dapat diwujudkan dengan meningkatkan pemahaman interpersonal mengenai peran masing-masing individu atau profesi.

        Perawat Yanti harus paham benar tentang perannya sebagai perawat dan berusaha tidak memasuki batas wilayah peran profesi lainnya sehingga tidak memicu konflik internal tim kesehatan. Kolaborasi antara perawat Yanti dengan perawat atau tim kesehatan lain dapat terwujud jika hubungan interpersonal perawat Yanti berjalan dengan baik. Area-area rentang konflik seperti yang digambarkan di atas merupakan hal yang perlu diwaspadai, terutama dalam menjalin kolaborasi antar anggota tim kesehatan atau interprofesional. Untuk mempertahankan hubungan yang harmonis serta mengurangi beban stress di lingkungan kerja, akhirnya para professional kesehatan membuat jadwal pertemuan rutin yang digunakan sebagai sarana sharing atau berdiskusi tentang masalah-masalah yang ada di lingkungan kerja. Pertemuan tersebut antara lain rapat rutin tim kesehatan dan case conference.

Rapat Tim Kesehatan
           Rapat tim kesehatan adalah media komunikasi antara tim kesehatan (rapat multidisiplin) untuk membahas manajerial ruang untuk membicarakan hal-hal yang terkait dengan manajerial.Tujuan rapat tim keehatan yaitu menyamakan persepsi terhadap informasi yang didapat dari masalah yang ditemukan (khususnya masalah manajerial), meningkatkan kesinambungan pemberian pelayanan kesehatan, mengurangi kesalahan informasi, dan meningkatkan koordinasi antara anggota tim kesehatan.

Case conference
       Konferensi kasus meliputi pertemuan-pertemuan yang dijadwalkan secara rutin (Regularly Scheduled Series or Conferences). Pertemuan tersebut dilaksanakan harian, mingguan, atau bulanan untuk diskusi tentang masalah-masalah manajemen pasien spesifik untuk meningkatkan perawatan pasien dalam sebuah institusi. Case conference adalah diskusi kelompok tim kesehatan tentang kasus asuhan keperawatan klien atau keluarga. Setiap tim kesehatan memiliki jadwal case conference masing-masing dan biasanya diadakan dua kali tiap bulannya. Peserta case conference melibatkan tim kesehatan yang terkait seperti perawat, dokter, atau anggota profesi lainnya jika diperlukan. Waktu pertemuan dua kali dalam sebulan atau disesuaikan dengan kondisi atau tingkat urgensi kasus, dan lamnya pertemuan tentatif. 

          Tujuan diadakannya case conference yaitu mengenal kasus dan permasalahannya, mendiskusikan kasus untuk mencari alternatif penyelesaian masalah asuhan keperawatan, meningkatkan koordinasi dalam rencana pemberian asuhan keperawatan, dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam mengangani kasus.Case conference juga digunakan untuk mengembalikan konflik dalam kolaborasi (Arnold & Boggs, 2007), yaitu dengan cara mengutarakan inisiatif untuk mendiskusikan masalah, menggunakan keterampilan mendengar aktif, menyediakan dokumentasi data yang relevan terhadap isu, mengajukan resolusi, menciptakan iklim dimana para pertisipan memandang negosiasi sebagai sebuah usaha kolaborasi, membuat ringkasan yang jelas terhadap hasil feedback, merekam semua keputusan dalam sebuah catatan. Kegiatan case conference ini harus melalui tahap persiapan sebelumnya. Perawat Dewi dapat memilih salah satu topik yang akan disampaikan dalam case conference.

            Topik tersebut meliputi kasus pasien baru, kasus pasien yang tidak ada perkembangan, kasus pasien pulang, kasus pasien yang meninggal, dan kasus pasien dengan masalah yang jarang ditemukan. Pemilihan topik dapat dilakukan dengan mengkaji terlebih dahulu data-data pasien yang selama ini dipegang oleh perawat Yanti. Dengan data-data tersebut, perawat Yanti dapat membuat suatu analisa permasalahan yang akan disampaikan saat case conference.

        Case conference sebagai salah satu kegiatan penting dalam proses kolaborasi antara tim kesehatan. Kolaborasi merupakan proses kompleks yang membutuhkan sharing pengetahuan yang direncanakan dan menjadi tanggung jawab bersama untuk merawat pasien. Kolaborasi dalam case conference ini meliputi suatu pertukaran pandangan atau ide yang memberikan perspektif kepada seluruh kolaborator tentang suatu permasalahan dalam asuhan keperawatan. Efektifitas hubungan kolaborasi profesional membutuhkan mutual respek baik setuju atau ketidaksetujuan yang dicapai dalam interaksi tersebut. Partnership kolaborasi merupakan usaha yang baik sebab dapat menghasilkan outcome yang lebih baik bagi pasien.

Menangani masalah-masalah staf perawat
          Langkah-langkah dalam pemecahan masalah antar kelompok petugas kesehatan : Mengatur pelaksanaan untuk komunikasi kolaboratif, melakukan pertemuan untuk menyatukan perspektif kelompok, mengidentifikasi masalah utama, memiliki tujuan yang jelas dan relevan, saling menghormati dan menghargai nilai-nilai dan martabat semua pihak, anggota kelompok dapat bersikap tegas tapi tidak manipulatif, bersikap objektif,  mendiskusikan solusi dengan mengidentifikasi manfaat/kekurangan dari solusi, menghargai alternatif solusi demi kepentingan klien, menghincari situasi konflik, menghindari emosi, memutuskan untuk mengimplementasikan solusi terbaik, menentukan orang yang bertanggung jawab untuk implementasi, membangun garis waktu dan metode evaluasi.(Armold & Boogs, 2007).

             Komunikasi interpersonal ditempat kerja yang multikultural meliputi verbal, nonverbal, dan mendengar. Komuikasi nonverbal meliputi pengaturan ruang, lingkungan, penampilan, kontak mata, postur tubuh, gerak, ekspresi, waktu dan isayarat suara. Komunikasi verbal dengan prilaku asertif, sedangkat komunikasi diam dengan menjadi pendengar yang baik dengan menyadari pengalaman, sikap yang mepengaruhi dalam mempresepsikan pesan.

         Hambatan lain dalam berkomuniksi dengan Tim Kesehatan Lain meliputi: menjadi emosional daripada berfokus pada masalah, menyalahkan orang lain, tertutup dan tidak menghargai serta memahami perspektif orang lain. ( Arnold & Boggs, 2007).



DAFTAR PUSTAKA
  
Arnold,E.C,&Boggs.K.U.(2007).Interpersonal Relationship: Professional Communication skills for Nurses.(5 th ed.). St Louis : Elseiver.
Kozier,Barbara.(2004).Fundamentals Of Nursing: concepts, process, and practice (7 th ed.). New Jersey : Pearson
Kramer, Marlene.(2008).Reality Shock : why nurses leave nursing. St Louis : MOSBY
Northouse, Peter Guy.(2010).Leadership : Theory and Practice.(5 th ed.). USA : SAGE
Potter & Perry. (2009).Fundamental keperawatan (7 th ed.).(vols 2.). dr Adrina &marina, penerjemah). Jakarta : Salemba Medika.
Stuart.G.W.,&Laraia.,M.T.(2005).Principles and Practice Of psychiatric nursing.(8 th ed.).St Louis : MOSBY
WHO(1999).Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer.(2 th ed). (dr.Popy Kumalasari, Penerjemah).Jakarta : EGC
CopperandCo.(Maret, 2013).Komunikasi Perawat Dengan Tenaga Kesehatan.


1 komentar:

 

Support

Support

Support

Support

Support

Support